Kamis, 12 Januari 2012

Kapan Aku Menetas ?

tanggal 12 januari 2012 sesampainya saya di rumah dari kota perantauan jatinagor. tampak muka cemas mamah.
"gres naha nembe dugi tabuh sakieu ? tadi teu kunanaon ? rieut teu ?"
dan pertanyaan lainya yang sering saya dengar sejak dulu. maklum saya anak tunggal dan itu kali kedua saya naik bis sendiri dari jatinangor-sukabumi. luar biasa bagi saya, mungkin tidak untuk kalian . karna setengah mati saya minta izin untuk pulang sendiri tanpa dijemput.

hal biasa bagi saya antar jemput papah, dari SD sampai SMA berangkat dan pulang sekolah bareng papah, yah memang karna kita satu arah sebenernya. tapi bukan hanya itu banyak hal yang membuat saya dimanjakan ,lebih tepatnya dikekang kali yah.. yah saya tau itu tanda mereka sayang,tanda betapa berartinya saya bagi mereka, tapi apa ini cara yang tepat ?

kejadian akhir-akhir ini, setelah saya menjadi mahasiswa dan umur saya 18 tahun, saya sengaja berangkat ke bandung berniat "berjalan-jalan" bareng teman saya yang memang punya acara di bandung, sehingga saya harus pulang ke jatinangor sendiri saat itu. layaknya anak ayam yang baru netas saya merasa menghirup udara segar dunia, menjelajah kota bandung tanpa ada yang "melarang". tapi ternyata mamah mengirim orang untuk menjemput saya. shock! rencana netas gagal dan harus masuk telur lagi .. dan kejadian seperti ini terulang berkali-kali..

pukul 8 malam tadi, aku memberanikan diri membuka pembicraan dengan mamah papah di ruang TV, bertujuan untuk kedepannya yang lebih baik.
G : "mah,pa gesti bade Cirebon, backpacker sareng siska ?
P : "oh enya kin di telp sodara bapa nu di cirebon."
M : "Bade naon ? jauh cirebon teh paur ~bla@@##$@#@^$@#!#"
 ~debat ibu anak~
hingga akhirnya tanpa sengaja terucap kata-kata ini dari mulut saya sebari nangis.
G : "kunaon sih mah ti kapungkur gesti teh di kerem, iyeu ulah itu ulah ? kumaha gesti bisa belajar hidup mun sagala ulah"
M : "Paur gesti ~@@$@^^326"
G : paur ? paur gesti meninggal duluan abong keneh gesti anak hiji-hijina jadi terlalu dijaga ku mamah ku bapa ? kumaha lamun mamah sareng bapa tipayun anu teu aya ? gesti hidup kumaha ? tikapungkur sagala diayakeun, kin kumaha lamun sagala teu aya ?
M : ***


dan jujur nyesel saya bicara sekeras gitu, mungkin mamah sakit ngedenger kata2 itu.. tapi sebenernya emang itu yang saya rasain. itu yang pengen saya ungkapin sejak lama. cukup lama juga saya sabar, saya ikutin kemauan mama papa.. tapi cukup buat sekarang, biarkan saya terbang..
karna18 tahun sudah waktunya saya menetas ..

bukan,bukan karna saya tidak mau menerima "kesenangan" dari mamah lagi, saya hanya ingin belajar.. belajar hidup susah..
mempersiapkan diri untuk apa yang tidak terprediksi ..

maaf mah, pa ..
ya Allah maafkan hamba bila hamba menyakiti kedua orangtua hamba ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar