Jumat, 23 Desember 2011

Kenapa saya memutuskkan untuk berkerudung ?

Kenapa kamu memutusin buat berkerudung grace ?
kalo ditanya kayak gitu jawaban paling pertama itu karna Allah swt menyuruh kita para wanita menutup auratnya. kayaknya semua wanita yang beragama islam juga udah pada tau kali ya kewajiban kita tentang itu cuma emang belum semua menurutinya. ini dia salah satu ayatnya :

يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).


kan udah taunya dari dulu tuh tentang kewajiban berkerudung, kenapa gak dari dulu ? kenapa baru tergerak sekarang ?
nah ini jawaban yang bener2 dari hati, aku pake kerudung bukan karena disuruh orang tua atau guru agama. aku mutusin buat berkerudung karna aku ngerasa nyaman saat aku pake kerudung. kemarin2 itu sempet balik mikir, kenapa sih aku ga pake kerudung ? padahal udah jelas2 ada keterangannya di Al-qur'an. trus jawaban dari mulut aku "belum siap".
sebenernya aku niat pake kerudung itu jadi jaman SMA, mungkin masih kebawa lingkungan kali yah. dulu tuh masih mikir :
-rambut aku 'lucu' nanti kalo dikerudung takut bla bla bla ..
-aku belum punya baju2 panjang buat pake kerudungnya (mungkin di dalem hatinya mah emang masih enggan buat ninggalin 'Gaya' tanpa kerudung dan harus pake kerudung yang mungkin di benak anak muda sekarang itu yang terkesan kuno atau apalah) ,
-aku belum punya kerudungnyalah udah gitu biasanya niat di dalem diri mau ngumpulin baju panjang sama kerudung. tapi kenyataannya kalo belanja ngeliat baju2 lucu yang ga nutup aurat tetep beli dan lupa niat awal. terus juga pasti bilang gini,
-kelakuan aku belum cukup baik, malu kalo pake kerudung tapi kelakuan masih gini, aku rubah kelakuan aku dulu deh baru pake kerudung. sebenernya semua itu jatohnya cuma alesan, itu cuma alibi kita buat ngehindarin pake kerudung itu sendiri. cuma nunda-nunda waktu yang sebenernya gatau sampai kapan kita punya waktu.

nah trus gimana aku bisa ngelawan kecenderungan buat ga pake kerudung itu ?
jawabanya maksain. maksain diri tapi ikhas ko.
jadi waktu itu hari senin awal minggu kan, tiba2 aja ada suatu kejadian dan itu bikin aku maksain diri buat pake kerudung. padahal dalam keadaan itu aku masih gapunya baju panjang rok panjang yang cukup banyak, aku masih gapunya koleksi kerudung, mungkin juga kelakuan aku belum sesholehah yang aku targetin. tapi aku mikir 'Kalo ga maksain sekarang ? sampe kapan aku terus bilang belum siap ? trus kapan aku bisa lantang bilang siap? yakin masih dikasih waktu sampe "nanti" itu ?nah soal baju atau akhlak dan lain lain insyaAllah bakal ngikutin setelah aku pake kerudung' kira2 gitu motivasi terbesar aku buat pake kerudung .
toh pada akhirnya hati aku sendiri yang bilang 'kenapa aku pakai kerudung?karna aku nyaman menggunakanya'.

nah dengan maksain tadi , aku juga maksain nyicil beli rok2 panjang, nyicil beli kerudung2 , nyicil belajar tentang akhlak baik , amal2an dari Rosulullah. kalo kitanya udah pake kerudung rasa buat berubah menjadi manusia yang lebih baik itu timbul dengan sendirinya ko dan pastinya dorongan buat mempelajari Islam itu lebih besar dari sebelumnya. itu sih yang aku rasain .

trus kalo pendapat aku lebih baik pake kerudung walaupun kelakuannya belum baik, dari pada kelakuannya ga baik dan ga pake kerudung atau kelakuannya baik ga pake kerudung. insyaAllah da kelakuan kita yang belum baik itu cepat atau lambat pasti bisa berubah lebih baik. insyaAllah ..

oh iya kadang juga ada yang jadiin alesan gini, aku belum pake kerudung karna belum dapet hidayah dari Allah swt. hmm .. loh ? bukannya Allah swt. itu memberikan hidayahnya ke orang yang emang mencari hidayah Allah swt. itu sendiri ? jadi sebenernya itu juga gabisa di jadiin alesan kalo menurut aku.

trus setelah pake kerudung ada perbedaan ga sama sebelumnya ?
tentu , ada banget .. hehe ..
yang pertama itu aku ngerasa nyaman, ngerasa pandangan orang itu jadi berbeda ke kita, lebih positif mungkin seperti itulah. ga ngerasa gelisah lagi gitu.
pernah ga kalian ngerasain dimana kalian itu yakin seyakin-yakinnya kalo Allah swt. itu benar benar Tuhan yang menciptakan alam semesta ini yang mengatur segalanya, pernah ga kalian ngerasa tersadarkan kalo  Al-Quran itu bener-bener diturunin dari Allah swt. dimana di Al-quran itu sendiri memang benar dan banyak mengandung tentang ilmu sains,sejarah,tekhnologi, prediksi2,dll yang bener2 dari Allah swt. zat yang nyiptain kita semua. dan kadang kita sebagai hambanya masih aja ngelak untuk mematuhi perintahnya ? sempet malu sama diri sendiri waktu sepintas kepikiran tentang itu.
pernah ga ngerasa kalo do'a yang pernah kita minta terus ke kabulin ? kalo aku pernah, pas aku sadar kalo ternyata do'a aku kekabul itu yang pertama, aku makasih ke Allah swt. bersyukur trus aku jadi malu juga Allah aja mau ngabulin permintaan aku, yang dulu belum pake kerudung hmm belum patuhin kewajibannya. betapa Maha Pengasihnya Allah swt. masih tutup mata&telinga buat matuhi perintahnya ?

trus yang kedua , aku ngerasa lebih cantik, heheh .. gapapa yah kepedean :)hehe ..dulu aku sempet males pake kerudung karna fashion orang2 berkerudung terkesan monoton. tapi alhamdulillahnya aku diajarin mamah pake kerudung yang tetep keliatan lucu , bahkan lebih lucu dari ga pake kerudung, ih ko jadi kepedean gini yah -,- hehe  yang pasti intinya dengan kita pake kerudung kita tetep bisa berGaya ko. ;) malahan kita jadi ketantang buat mengkreatifkan diri merancang gaya-gaya untuk berkerudung. dan itu sangat mengasikan menurut saya :)

nah terus aku ada pengalaman pribadi nih setelah pake kerudung, jadi waktu itu di daerah jatinangor aku sama temen2 kosanku itu mau nyebrang. nah aku kan gabegitu becus yah kalo nyebrang -,- kadang suka seenaknya nah pas aku nyebrang ternyata ada truk dari sebelah kiri gitu, aku kaget kan yah, dikirain aku bakal dimarahin sama supirnya , tau ga ternyata surirnya ngapain ? ternyata supirnya bilang 'assalammu'alaikum neng' aku dengan tampang pucet+kaget ngejawab 'wa'alaikumsalam' .hehe

dan bukan kejadian itu aja, kesanaya sering ko.. aku lagi jalan trus tiba-tiba ada yang nyapa 'assalamu'alaikum' dan hal kayak gini tuh belum pernah aku alamin sebelum aku pake kerudung. seneng sih jadi ngerasa lebih dihargai sebagai wanita, hehe

disini aku cuma berbagi cerita, maaf jika ada kata-kata yang menyinggung, atau mungkin ada yang salah.

buat yang belum pake kerudung, nyusul yah ;)
disini juga aku masih belajar, jadi mari kita belajar bersama kawan :)

5 komentar:

  1. subhanallah
    alhamdulillah ya
    mudah2an jangan hanya luarnya saja yang lebih baik tapi dalam nya juga lebih baik :-)

    BalasHapus
  2. subhanallah
    alhamdulillah ya
    mudah2an jangan hanya luarnya saja yang lebih baik tapi dalam nya juga lebih baik :-)

    BalasHapus
  3. alhamdulillah :)
    amin amin ..
    terimakasih do'anya :)
    semoga kita jadi manusia yang lebih baik lagi :)

    BalasHapus
  4. iya salam kenal juga ya :) trimakasih sudah mampir :)

    BalasHapus